Info Terbaru 2022

Rpp K13 Kelas 1 Revisi 2017 Sub Tema Kegiatanku Siang Hari Semua Pembelajaran

Rpp K13 Kelas 1 Revisi 2017 Sub Tema Kegiatanku Siang Hari Semua
Pembelajaran
Rpp K13 Kelas 1 Revisi 2017 Sub Tema Kegiatanku Siang Hari Semua
Pembelajaran
- RPP K13 (Kurikulum 2013) Kelas 1 SD/MI Revisi 2017 Sub Tema Kegiatanku Siang Hari Semua Pembelajaran yang terdiri dari 6 Kegiatan. Sebagai Contoh atau Referensi dalam melengkapi serta menyusun Perangkat Pembalajaran atau Administrasi Guru dalam 1 Tahun Pelajaran Format Word [docx atau docs].

Karena dengan disusun nya RPP serta diubahsuaikan dengan Kurikulum yang dipakai di sekolah yakni Kurikulum 2013 Revisi ini bapak dan Ibu sudah melaksanakan satu pekerjaan penunjang keberhasilan Pembelajaran di Kelas. Karena semua orang mengetahui bahwa dalam RPP ini berisi Rencana yang akan dilaksanakan untuk pembelajaran dengan persiapan menyerupai Metode Pembelajaran, Teknik Pengajaran, Alat Peraga, Sumber berguru lengkap didalamnya.

 Sub Tema Kegiatanku Siang Hari Semua Pembelajaran yang terdiri dari  RPP K13 Kelas 1 Revisi 2017 Sub Tema Kegiatanku Siang Hari Semua Pembelajaran

KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Muatan: Bahasa Indonesia
Kompetensi Indikator
3.7 Mengenal kosakata yang berkaitan dengan kejadian siang dan malam melalui teks pendek (berupa gambar, slogan sederhana, tulisan, dan atau syair lagu) 3.7.4 Mengidentifikasi kosakata yang berafiliasi dengan siang hari sebagai bab dari kejadian siang dan malam, dengan tepat
4.7 Menjelaskan kosa kata Bahasa Indonesia dan ejaan yang sempurna terkait kejadian siang dan malam dalam teks tulis dan gambar 4.7.4 Menyusun karakter menjadi kosa kata terkait acara siang hari

Muatan: PPKn
Kompetensi Indikator
1.2 Menerima hukum yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa 1.2.1 Menganut hukum yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
2.2 Menerima hukum yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah 2.2.1 Mematuhi hukum yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
3.2 Memahami hukum yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah 3.2.40 Mengidentifikasi kegiatan-kegiatan siang hari yang sesuai dengan hukum yang berlaku di rumah
4.2 Melakukan perbuatan yang sesuai dengan hukum yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah 4.2.40 Memeragakan kegiatan-kegiatan siang hari yang sesuai dengan hukum di rumah

Muatan: SBdP
Kompetensi Indikator
3.3 Mengenal gerak cepat dan gerak lambat pada sebuah tari 3.3.1 Mengidentifikasi variasi gerak cepat anggota badan dalam suatu gerak tari
4.3 Memeragakan gerak cepat dan gerak lambat dalam sebuah tari 4.3.1 Memeragakan variasi gerak cepat anggota badan dalam suatu tari

MATERI
  • Menyusun kartu karakter melalui permainan.
  • Kegiatan yang sesuai dengan hukum rumah.
  • Gerak cepat pada sebuah tarian.
PENDEKATAN dan METODE
  • Pendekatan : Scientific
  • Strategi : Cooperative Learning
  • Teknik : Example Non Example
  • Metode : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan Pendahuluan 15 Menit
  1. Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa
  2. Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a yaitu siswa siswa yang hari ini tiba paling awal. (Menghargai kedisiplikan siswa/PPK).
  3. Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan perilaku disiplin setiap dikala dan menfaatnya bagi tercapainya  sita-cita.
  4. Menyanyikan lagu Garuda Pancasila atau lagu nasional lainnya. Guru memperlihatkan penguatan ihwal pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.
  5. Pembiasaan membaca 15 menit dimulai dengan guru menceritakan ihwal kisah masa kecil salah satu tokoh dunia, kesehatan, kebersihan, makanan/minuman sehat , kisah pandangan gres dan motivasi . Sebelum membacakan buku guru menjelaskan tujuan acara literasi dan mengajak siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut:
  • Apa yang tergambar pada sampul buku.
  • Apa judul buku
  • Kira-kira ini menceritakan ihwal apa
  • Pernahkan kau membaca judul buku menyerupai ini
Kegiatan Inti  : 140 Menit
A. Ayo Mengamati
  1. Siswa mengamati gambar dan suasana siang hari yang ditunjukkan oleh guru (guru sanggup memakai gambar di buku teks atau gambar (video) yang disiapkan secara khusus sebagai media)
  2. Siswa diminta mengajukan pertanyaan-pertanyaan terkait gambar yang mereka amati. Guru memancing perilaku kritis siswa dengan mengajukan pertanyaan “adakah yang ingin kau ketahui dari gambar yang kau amati?” Siapa yang mau mengajukan pertanyaan?
  3. Guru mengajak siswa mendiskusikan kegiatan-kegiatan di siang hari.
  4. Siswa diminta menyebutkan kata-kata yang berafiliasi dengan acara siang hari. Guru menuliskan kata yang disebutkan siswa di papan tulis biar sanggup di baca oleh siswa lainnya. Setelah tidak ada lagi siswa yang menyebutkan, guru sanggup menambahkan kosa katanya jikalau diperlukan, dengan cara memperlihatkan pertanyaan yang memancing ingatan siswa.
  5. Untuk memperkuat pemahaman ihwal kosa kata yang dipelajarinya, guru melaksanakan permainan menyusun kartu karakter menjadi kata.
  6. Setelah itu siswa diminta menuntaskan lembar kerja ihwal pengenalan kosa kata yang berafiliasi dengan acara siang hari.
B. Ayo Berdiskusi

  1. Guru melanjutkan dengan diskusi berkaitan dengan acara siang hari di rumah. Diskusi juga diarahkan untuk membahas aturan-aturan yang harus diikuti dikala berada di rumah, khususnya pada siang hari. 
  2. Guru meminta siswa berpasangan.
  3. Bersama pasangan masing-masing siswa diminta mendiskusikan kegitaan-kegiatan pada siang hari sepulang sekolah, yang sesuai dengan hukum di rumah.
  4. Setelah waktu yang diberikan habis, guru memberi kesempatan kepada siswa yang mau menceritakan kepada temannya di depan kelas.

C. Ayo Lakukan

  1. Selesai diskusi guru mengajak siswa bermain sambil melaksanakan gerak cepat dalam tari.
  2. Guru memakai musik yang temponya cepat. Seperti lagu Tarian Ayam (Chicken Dance) yang sanggup di lihat di internet.
  3. Siswa diminta memeragakan secara berdikari atau berkelompok.
  4. Setelah semua siswa final mencoba memeragakan, guru meminta seluruh kelas melaksanakan gerakan Tarian Ayam (Chicken Dance).

Kegiatan Penutup : 15 Menit

  1. Sebagai epilog guru menanyakan bagaimana perasaan siswa selama mengikuti kegiatan. Menanyakan apa yang sudah di mengerti dan apa yang belum.
  2. Kalau memungkinkan guru sanggup meminta siswa mengisi form self assesment yang biasa disiapkan sebelumnya.
  3. Menyanyikan lagu daerah.
  4. Guru memandu siswa untuk berdoa.

PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi akseptor didik. Hasil evaluasi dipakai sebagai materi penyusunan laporan kemajuan hasil berguru dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini sanggup dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

Lebih terperinci silahkan Lihat dan Download saja Melalui link dibawah ini :

Preview File : RPP K13 Kelas 1 Revisi 2017 Sub Tema Kegiatanku Siang Hari Pembelajaran 1


Download File :
  • RPP K13 Kelas 1 Revisi 2017 Sub Tema Kegiatanku Siang Hari Pembelajaran 1
  • RPP K13 Kelas 1 Revisi 2017 Sub Tema Kegiatanku Siang Hari Pembelajaran 2
  • RPP K13 Kelas 1 Revisi 2017 Sub Tema Kegiatanku Siang Hari Pembelajaran 3
  • RPP K13 Kelas 1 Revisi 2017 Sub Tema Kegiatanku Siang Hari Pembelajaran 4
  • RPP K13 Kelas 1 Revisi 2017 Sub Tema Kegiatanku Siang Hari Pembelajaran 5
  • RPP K13 Kelas 1 Revisi 2017 Sub Tema Kegiatanku Siang Hari Pembelajaran 6
Advertisement

Iklan Sidebar