Info Terbaru 2022

Pedoman Fiksi Sma Tahun 2019 ( Pekan Raya Penemuan Dan Kewirausahaan Siswa)

Pedoman Fiksi Sma Tahun 2019 ( Pekan Raya Penemuan Dan Kewirausahaan
Siswa)
Pedoman Fiksi Sma Tahun 2019 ( Pekan Raya Penemuan Dan Kewirausahaan
Siswa)
- Pedoman FIKSI Sekolah Menengan Atas Tahun 2019 atau  Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa jenjang Sekolah Menengan Atas Tahun 2019 format PDF dari Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemdikbud yang akan kami bagikan kali ini secara Gratis.

 Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa jenjang Sekolah Menengan Atas Tahun  Pedoman FIKSI Sekolah Menengan Atas Tahun 2019 ( Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa)
Download Pedoman FIKSI Sekolah Menengan Atas Tahun 2019

Pedoman FIKSI Sekolah Menengan Atas Tahun 2019 ( Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa)

Generasi muda selalu menjadi tumpuan cita-cita keberlanjutan dan peningkatan taraf hidup masyarakat, sebab di tangan merekalah masa depan dirancang dan ditentukan. Di kurun kini, generasi yang tengah tumbuh berkembang ialah mereka yang termasuk ke dalam angkatan post millennial. Berbeda dengan generasi sebelumnya, para post millennial ini dikenal sebagai orang-orang yang ingin aktif berperan untuk melaksanakan perubahan, dan terus berupaya untuk membuat dunia yang lebih baik. Karakter yang menyerupai inilah yang mengakibatkan generasi muda selalu tertantang untuk membuat inovasi-inovasi gres dalam menghadapi tantangan dan permasalahan yang ada di sekitarnya.

Pendidikan Kewirausahaan merupakan salah satu wadah untuk mengembangkan penemuan dan kreatifitas generasi muda. Sehubungan dengan hal tersebut, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Pembinaan Sekolah Menengan Atas memfasilitasi para siswa SMA/MA yang mempunyai minat dan talenta berwirausaha dan memulai perjuangan dengan basis ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui kegiatan Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI). Fasilitas yang diberikan dalam FIKSI meliputi pendidikan dan training kewirausahaan sosial, penyusunan rencana wirausaha (business plan), serta keberlanjutan usaha.

Pedoman FIKSI Sekolah Menengan Atas Tahun 2019 ini  disusun sebagai panduan dan acuan bagi para pihak yang ingin berpartisipasi aktif mengikuti kegiatan FIKSI 2019 ataupun ingin mengetahui pelaksanaan kegiatan FIKSI secara lebih mendalam.

Generasi Post-Millennial atau kerap juga disebut Generasi Z, iGeneration, Generasi Net atau Generasi Internet, mempunyai Karakteristik umum antara lain sebagai berikut:
  1. Fasih Teknologi. Mereka ialah “generasi digital” yang andal dan gandrung akan teknologi informasi dan aneka macam aplikasi komputer. Mereka sanggup mengakses aneka macam informasi yang mereka butuhkan secara gampang dan cepat, baik untuk kepentingan pendidikan maupun kepentingan hidup kesehariannya.
  2. Peka Sosial. Generasi post millennial sangat intens berkomunikasi dan berinteraksi dengan semua kalangan, khususnya dengan teman sebaya, baik melalui dunia maya (cyberhood) melalui aneka macam situs jejaring, menyerupai Facebook dan Twitter, maupun melalui interaksi eksklusif dengan membuat komunitas-komunitas di dunia aktual (neighbourhood). Melalui interaksi dengan kedua saluran cyberhood dan neighbourhood ini, generasi post millennial mengekspresikan apa yang dirasakan dan dipikirkannya secara spontan. Mereka juga cenderung toleran terhadap perbedaan kultur, mendambakan keadilan, dan sangat peduli pada lingkungan.
  3. Multitasking. Mereka terbiasa melaksanakan bermacam-macam acara dalam satu waktu yang bersamaan. Mereka sanggup membaca, berbicara, menonton, atau mendengarkan musik dalam waktu yang bersamaan. Mereka menginginkan segala sesuatunya sanggup dilakukan dan berjalan serba cepat. Mereka tidak menginginkan hal-hal yang bertele-tele dan berbelit-belit.
Tujuan di Selenggarakannya Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa (FIKSI) Sekolah Menengan Atas 2019

  1. Membangun semangat dan jiwa kewirausahaan sosial kepada siswa;
  2. Memberikan bekal pengetahuan dan pembinaan kewirausahaan semoga siswa kelak sanggup memulai dan mengakselerasi wirausaha sosialnya;
  3. Mengaktivasi empati, membangun rasa tanggung jawab, serta kemandirian ekonomi pada siswa;
  4. Menumbuhkan generasi wirausahawan muda kreatif dengan wawasan sosial secara berkelanjutan;
  5. Membentuk jejaring yang sanggup mendukung kegiatan wirausaha sosial, terutama dalam mempertahankan keberlanjutannya;
  6. Mendorong terbentuknya model praktik pembelajaran kewirausahaan sosial di tingkat SMA/MA;
  7. Menjadi media sosialisasi/diseminasi hasil karya wirausahawan sosial muda kreatif kepada masyarakat.

Tema FIKSI Tahun 2019

Tema Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia 2019 yaitu:
“SOCIOPRENEURSHIP IN DIGITAL ERA BASED ON LOCAL RESOURCES”
(Kewirausahaan sosial dalam kurun digital berbasis sumber daya lokal)

Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) tahun 2019 memasuki pelaksanaan kali ke-4 yang merupakan pengembangan dari pameran sebelumnya yang telah berlangsung semenjak tahun 2016. FIKSI 2019 berupaya menekankan pada Bidang Rintisan, yaitu bidang perjuangan yang telah menghasilkan produk, sebagai lanjutan dari tahap konsep atau gagasan. Pelaku utama penemuan dan kewirausahaan pada ajang FIKSI ini ialah siswa Sekolah Menengan Atas Indonesia, yang berjiwa Post Milennial. Untuk itu tema FIKSI tahun 2019 mencoba meliputi ide “Kewirausahaan Sosial” yang memanfaatkan dan mengangkat “Sumber Daya Lokal” sebagai sumber daya utama wangsit wirausaha yang dirintisnya.

Tema ini diperlukan sanggup menjadi dasar bagi Pendidikan Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU) untuk siswa SMA, yang terdiri atas dua bagian, yaitu Prakarya dan Kewirausahaan. Pendidikan Prakarya meliputi kriya, rekayasa, pengolahan dan budidaya. Pada bidang-bidang Industri Kreatif yang dilombakan dalam FIKSI, pemilahan Prakarya ditentukan sebagai berikut :

Itulah kiranya sekilas mengenai Pedoman Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa (FIKSI) Sekolah Menengan Atas tahun 2019, lebih terang dan lengkapnya lagi, sanggup dilihat previewnya atau eksklusif saja di Download melalui link yang sudah kami bagikan dibawah ini ;


Itulah kiranya preview dari file yang dibagikan kali ini. Bagi Anda yang membutuhkan secara lengkap dalam bentuk file, kami sudah sediakan melalui tautan link dibawah ini ;
Pedoman FIKSI Sekolah Menengan Atas Tahun 2019 ( Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa)
Demikianlah Informasi dan membuatkan file Pedoman FIKSI Sekolah Menengan Atas Tahun 2019 ( Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa), kurang dan lebih mohon dimaafkan. Sekian dan Terima Kasih.
Advertisement

Iklan Sidebar