Info Terbaru 2022

Rpp K13 Kelas 1 Tema Diriku Sub Tema Tubuhku Semua Pembelajaran Revisi 2017

Rpp K13 Kelas 1 Tema Diriku Sub Tema Tubuhku Semua Pembelajaran Revisi
2017
Rpp K13 Kelas 1 Tema Diriku Sub Tema Tubuhku Semua Pembelajaran Revisi
2017
- Berikut ini RPP K13 Kelas 1 Tema Diriku Sub Tema Tubuhku Semua Pembelajaran Revisi 2017 dalam Format Word [Docx atau Docs] untuk Guru Kelas yang membutuhkan dalam melengkapi Perangkat Administrasi Guru atau Contoh menyusun RPP yang baik sesuai Panduan Kurikulum.

RPP Kurikulum 2013 Kelas 1 Revisi 2017 ini kami dapatkan dari salah satu Guru Kelas di KKG (kelompok kerja guru) dan fix dipakai di wilayah kami sehingga sanggup dikatakan ini menjadi pola yang siap dipakai final revisi.

 Tema Diriku Sub Tema Tubuhku Semua Pembelajaran Revisi  RPP K13 Kelas 1 Tema Diriku Sub Tema Tubuhku Semua Pembelajaran Revisi 2017


A. KOMPETENSI INTI
  1. Menerima dan menjalankan anutan agama yang dianutnya.
  2. Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, sahabat dan guru.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya menurut rasa ingin tahu wacana dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang terang dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR

Muatan : PPKn
Kompetensi Indikator
1.2. Menunjukkan sikap patuh hukum agama yang dianut dalam kehidupan sehari-hari di rumah

1.2.2 Mematuhi sikap patuh hukum agama yang dianut dalam kehidupan sehari-hari di rumah
2.2 Menjalankan hukum yang berlaku
dalam kehidupan sehari-hari di rumah

2.2.1 Menjalankan hukum yang berlaku
dalam kehidupan sehari-hari di rumah
3.2 Mengidentifikasi hukum yang berlaku
dalam kehidupan sehari- hari di rumah.
3.2.1 Menggali warta hal-hal yang
harus dilakukan sehubungan dengan
hukum di rumah
4.2 Menceritakan acara sesuai dengan
hukum yang berlaku dalam kehidupan sehari-
hari di rumah
4.2.1 Mempraktekan hal-hal yang harus
dilakukan sehubungan dengan hukum di
rumah

Muatan : SBdP
Kompetensi Indikator
3.3 Mengenal gerak anggota tubuh melalui tari 3.3.1 Mengidentifikasi gerak anggota tubuh (kepala, badan, tangan, dan kaki) dalam suatu tarian
4.3. Memeragakan gerak anggota tubuh melalui tari. 4.3.1 Mempraktekan gerak anggota tubuh melalui tari.

Muatan : Bahasa Indonesia
Kompetensi Indikator
3.4 Menentukan kosakata wacana anggota tubuh dan pancaindra serta perawatannya melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, slogan sederhana, dan/atau syair lagu) dan eksplorasi lingkungan 3.4.1 Mengidentifikasi gambar dan kata anggota tubuh dengan tepat
4.4 Menyampaikan klarifikasi (berupa gambar dan tulisan) wacana anggota tubuh dan panca indera serta perawatannya memakai kosakata bahasa Indonesia dengan pemberian bahasa kawasan secara mulut dan/atau tulis 4.4.1 Menggunakan kosa kata wacana anggota tubuh dengan sempurna dalam bahasa mulut atau tulisan

C. TUJUAN
  1. Melalui lagu, siswa sanggup memperlihatkan bagian-bagian tubuh.
  2. Dengan menirukan ucapan guru, siswa sanggup menyebutkan bacaan nama bagian-bagian tubuh.
  3. Melalui ragam gerak, siswa sanggup mengidentifikasi gerak anggota tubuh.
  4. Setelah berdiskusi dengan teman, siswa sanggup memperlihatkan hukum wacana menjaga kesehatan tubuh di rumah hubungannya dengan makan masakan yang sehat.
  5. Dengan berlatih, siswa sanggup mengenali kosa kata dan memasangkan bagian-bagian tubuh dengan namanya.
  6. Dengan bermain peran, siswa sanggup memperlihatkan hukum ketika makan di rumah.
D. MATERI
  • Mengenal Anggota Tubuh dengan Bernyanyi
  • Gerak anggota tubuh melalui tari
E. PENDEKATAN dan METODE
  • Pendekatan : Scientific
  • Strategi : Cooperative Learning
  • Teknik : Example Non Example
  • Metode : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Deskripsi Kegiatan Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan
  1. Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa
  2. Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a yakni siswa siswa yang hari ini tiba paling awal. (Menghargai kedisiplikan siswa/PPK).
  3. Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan sikap disiplin setiap ketika dan menfaatnya bagi tercapainya sita-cita.
  4. Menyanyikan lagu Garuda Pancasila atau lagu nasional lainnya. Guru memperlihatkan penguatan wacana pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.
  5. Pembiasaan membaca 15 menit dimulai dengan guru menceritakan wacana kisah masa kecil salah satu tokoh dunia, kesehatan, kebersihan, makanan/minuman sehat , dongeng ide dan motivasi . Sebelum membacakan buku guru menjelaskan tujuan acara literasi dan mengajak siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut:
  • Apa yang tergambar pada sampul buku.
  • Apa judul buku
  • Kira-kira ini menceritakan wacana apa
  • Pernahkan kau membaca judul buku menyerupai ini
15 Menit
Kegiatan Inti Mengenal Aggota Tubuh Dengan Berbunyi 140 Menit
.
  1. Untuk mencairkan suasana, guru mengajak siswa untuk menyanyi bersama “Dua mata saya”. (lihat buku siswa halaman 2)
  2. Sambil menyanyikan lagu “Dua mata saya”, siswa menunjuk bagian-bagian tubuh sesuai dengan teks lagu.
  3. Setelah itu, guru memperlihatkan gambar bagian-bagian tubuh dan menempelnya di papan tulis.
  4. Minta siswa mengamati gambar tubuh tersebut. Gambar tubuh tersebut belum ada namanya.
  5. Guru kemudian bertanya pada siswa apakah ada yang mengetahui nama-nama bab tubuh pada gambar yang ditempel di papan tulis. Guru mengapresiasi balasan siswa yang mau menjawab dengan meminta siswa tersebut untuk memperlihatkan bab tubuh sesuai dengan jawabannya.
  6. Guru memancing siswa lain untuk aktif mengidentifikasi nama-nama bab tubuh.
  7. Guru meminta semua siswa untuk mengecek balasan mereka. Guru kemudian mengambil kartu kata nama-nama anggota tubuh.
  8. Guru memperlihatkan salah satu kartu nama anggota tubuh dan membacakannya. Minta salah satu siswa untuk menempelkan kartu nama tersebut di erat bab tubuh sesuai dengan yang dimaksud.
  9. Guru memperlihatkan kartu yang lain, membacakannya, dan meminta siswa yang lain untuk melekat kartu nama tersebut. Begitu seterusnya hingga semua kartu nama anggota tubuh tertempel pada gambar.
  10. Guru dan siswa mengecek bersama. Guru menunjuk salah satu bab tubuh dan menyebutkan namanya. Guru kemudian membaca kartu nama anggota tubuh yang tertempel di erat anggota tubuh tersebut. Cocok atau tidak ya antara nama anggota tubuh di kartu dengan anggota tubuh yang dimaksud.
  11. Jika ada kartu nama yang salah tempel, minta siswa lain untuk membetulkannya.
  12. Setelah semua kartu nama anggota tubuh sudah dicek, guru kemudian membacakan semua kartu nama anggota tubuh sambil menunjuk anggota tubuh yang dimaksud. Siswa menirukan bacaan dari guru. (lihat buku siswa halaman 39)
  13. Setelah siswa menirukan, guru dan siswa bahu-membahu membaca nyaring nama-nama bab tubuh sambil guru menunjuk nama dan anggota tubuh yang dimaksud.
  14. Guru kemudian bertanya kepada siswa, bagaimana ya caranya semoga tubuh sehat. (siswa akan memberi banyak jawaban, salah satunya yakni makan)
  15. Guru bertanya kepada siswa, bagaimana sikap yang harus ia tunjukkan di rumah ketika hendak makan, sedang makan, dan selesai makan.
  16. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, guru meminta siswa menggali warta dari sahabat sebangku wacana hukum ketika makan di rumah.
  17. Siswa akan bertanya jawab, yaitu bagaimana sikap yang harus ia tunjukkan di rumah ketika hendak makan, sedang makan, dan selesai makan.
  18. dan Seterusnya
.
Kegiatan Penutup
  1. Di selesai kegiatan, guru mengulang kembali nama-nama bab tubuh.
  2. Guru melaksanakan refleksi sebelum menutup kegiatan:
  3. Bagaimana perasaan kalian mengikuti acara hari ini?
    Kegiatan apa yang paling kau sukai? Mengapa?
    Kegiatan mana yang paling mudah/sulit? Mengapa?
  4. Setelah refleksi, guru memimpin siswa untuk berdoa sebelum pulang.
  5. Guru mempersilahkan siswa pulang. Siswa memberi salam pada guru.
  6. Tiba di rumah, siswa memberi salam kepada orang tua
15 Menit
Lebih Jelas Lihat Preview Filenya dibawah ini

Preview File : RPP K13 Kelas 1 Tema Diriku Sub Tema Tubuhku Pembelajaran Ke 1


Download File :
  • RPP K13 Kelas 1 Tema Diriku Sub Tema Tubuhku Pembelajaran 1UNDUH
  • RPP K13 Kelas 1 Tema Diriku Sub Tema Tubuhku Pembelajaran 1 UNDUH
  • RPP K13 Kelas 1 Tema Diriku Sub Tema Tubuhku Pembelajaran 1 UNDUH
  • RPP K13 Kelas 1 Tema Diriku Sub Tema Tubuhku Pembelajaran 1 UNDUH
  • RPP K13 Kelas 1 Tema Diriku Sub Tema Tubuhku Pembelajaran 1 UNDUH
  • RPP K13 Kelas 1 Tema Diriku Sub Tema Tubuhku Pembelajaran 1 UNDUH
Advertisement

Iklan Sidebar