Info Terbaru 2022

Juknis Osn Sd Tahun 2018 Dengan Pola Soalnya

Juknis Osn Sd Tahun 2018 Dengan Pola Soalnya
Juknis Osn Sd Tahun 2018 Dengan Pola Soalnya
- Berikut ini kami bagikan Juknis OSN SD Tahun 2018 Format PDF Lengkap dengan Contoh Soalnya berikut dengan kunci tanggapan sebagai salah satu acuan bagi Guru Kelas yang kebetulan mengirimkan salah satu siswanya sebagai wakil dari sekolah mengikuti ajang bergengsi ini.

 Format PDF Lengkap dengan Contoh Soalnya berikut dengan kunci tanggapan sebagai salah satu  Juknis OSN SD Tahun 2018 dengan Contoh Soalnya

Juknis OSN SD Tahun 2018

Dalam upaya peningkatan mutu pendidikan, Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayan telah menyusun aneka macam kebijakan dan strategi, salah satunya dengan menyelenggarakan aktivitas Olimpiade Sains Nasional (OSN) bagi siswa SD/MI dan atau yang sederajat tahun 2018.

Pada Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 ihwal Pengelolaan dan Penyelenggara Pendidikan tertera bahwa pemerintah melaksanakan penjaminan mutu pendidikan serta training berkelanjutan kepada akseptor didik yang mempunyai potensi kecerdasan dan/atau talenta istimewa untuk mencapai prestasi puncak di bidang pengetahuan, teknologi, seni, dan/ atau olahraga pada tingkat satuan pendidikan, kabupaten/kota, provinsi, nasional, dan internasional.

Berdasar pada hal di atas, pemerintah melaksanakan perjuangan peningkatan mutu pendidikan dengan membuatkan Olimpiade Sains Nasional tingkat sekolah dasar (OSN-SD) untuk memotivasi seluruh pemangku kepentingan di bidang pendidikan untuk melaksanakan konsolidasi, koordinasi, dan training yang lebih baik, sehingga prestasi siswa tingkat sekolah dasar di Indonesia sanggup ditingkatkan.

Olimpiade Sains Nasional Tahun 2018 dibutuhkan menjadi salah satu wahana strategis untuk membentuk generasi yang selalu berusaha membuatkan daya nalar, kreativitas, dan kemampuan berpikir kritis, sehingga pada saatnya nanti mereka akan tumbuh menjadi generasi yang berkepribadian kokoh, kompetitif, dan mandiri.

Petunjuk teknis olimpiade ini disusun sebagai pola bagi panitia penyelenggara baik di tingkat kabupaten/kota, provinsi maupun nasional serta pihak-pihak terkait sehingga pelaksanaanolimpiade sanggup berjalan sesuai yang diharapkan.

Latar Belakang OSN (Olimpiade Sains Nasional)

Olimpiade Sains Nasional tingkat SD/MI (OSN-SD) dan atau yang sederajat telah dirintis semenjak tahun 2003 merupakan salah satu wadah strategis untuk membuatkan daya nalar, kemampuan memecahkan masalah, kreativitas, dan sportivitas siswa. Pelaksanaan OSN-SD secara berkelanjutan akan berdampak kasatmata pada peningkatan mutu pendidikan dan pembelajaran sehingga siswa mempunyai daya juang yang tinggi, kompetitif dan inovatif.

Olimpiade Sains Nasional untuk akseptor didik SD/MI (OSN-SD) dan atau yang sederajat Tahun 2018 ini diselenggarakan secara berjenjang untuk memotivasi para akseptor didik, guru, pengelola, dan pembina pendidikan untuk berkompetisi secara sehat dengan mengedepankan sportivitas guna mencapai prestasi terbaik, sekaligus meningkatkan kualitas pendidikan di tempat masing-masing yang pada gilirannya akan meningkatkan kualitas pendidikan nasional.

Tujuan Umum OSN SD Tahun 2018

Tujuan Umum Olimpiade Sains Nasional SD (OSN-SD) tahun 2018 diselenggarakan sebagai wahana kompetisi dalam bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) bagi akseptor didik SD/MI dan atau yang sederajat, sebagai bab dari upaya komprehensif dalam penumbuhkembangan budaya belajar, kreativitas, dan motivasi berprestasi. Kompetisi ini dirancang sebagai kompetisi yang sehat serta menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas.

Tujuan Khusus OSN SD Tahun 2018

  1. Menyediakan wahana bagi akseptor didik SD/MI dan atau yang sederajat untuk membuatkan talenta dan minat di bidang Matematika dan IPA sehingga akseptor didik sanggup berkreasi, terampil, memecahkan masalah, dan bisa membuatkan seluruh aspek kepribadiannya; 
  2. Memotivasi akseptor didik SD/MI dan atau yang sederajat untuk selalu meningkatkan kemampuan spiritual, emosional, dan intelektual menurut norma dan tata nilai yang baik;
  3. Memotivasi guru untuk meningkatkan kualitas dan kreativitas pembelajaran Matematika dan IPA di SD/ MI dan atau yang sederajat;
  4. Memotivasi institusi/lembaga pendidikan untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan.
  5. Memotivasi para pemangku kepentingan untuk menyosialisasikan dan menanamkan nilai-nilai spiritual, emosional, dan intelektual pada lingkungan yang menjadi tanggung jawabnya.

Bidang yang dilombakan dalam Olimpiade Sains Nasional SD (OSN-SD) Tahun 2018 yaitu sebagai berikut:
  1. Matematika
  2. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

Tema Olimpiade Sains Nasional SD (OSN-SD) Tahun 2018 adalah:

“Membangun generasi berkarakter, berkualitas, dan kompetitif”

Rambu-rambu Soal Seleksi OSN SD 2018 Tingkat Kabupaten

Soal Matematika
  1. Waktu : 90 Menit
  2. Set soal Matematika ; Sesuai dengan bahan Matematika kelas IV, V dan VI dan soal-soal pengembangan lainnya; Memuat soal Matematika berbahasa Inggris (maksimal 2 soal
  3. Soal ; Set 1 - Matematika: 20 soal isian singkat (IS) dan Set 2 - Matematika: 5 soal uraian (UR)
  4. Penilaian ; Nilai total 100, yaitu ; a. Jumlah 20 IS x 3 poin = 60 dan b. Jumlah 5 UR x 8 poin = 40
Soal IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
  1. Alokasi Waktu ; 90 Menit
  2.  Set soal Ilmu Pengetahuan Alam : Sesuai dengan bahan IPA kelas IV, V, dan VI Memuat soal IPA berbahasa Inggris (maksimal 20% dari banyaknya soal)
  3. Soal ; Set IPA-1 : 40 soal pilihan ganda (PG)
  4. Penilaian ; Nilai total 100, yaitu ; a. Jumlah 40 PG x 2,5 poin = 100

Rambu-rambu Soal Seleksi OSN SD 2018 Tingkat Provinsi

Soal Matematika
  1. Alokasi Waktu ; 90 Menit
  2. Set soal Matematika ; Sesuai dengan bahan Matematika kelas IV, V dan VI dan soal-soal pengembangan lainnya;
  3. Soal ; a. Set Matematika 1: 28 soal isian singkat (IS) dengan 5 soal diantaranya berbahasa Inggris dan b. Set Matematika 2: 2 soal uraian (UR) dengan 1 soal diantaranya berbahasa Inggris
  4. Penilaian ; Nilai total 100, yaitu; a. Jumlah 28 IS x 3 poin = 84 dan b. Jumlah 2 UR x 8 poin = 16
Soal Ilmu Pengetahuan Alam
  1. Alokasi Waktu ; 90 Menit
  2. Set soal Ilmu Pengetahuan Alam :Sesuai dengan bahan IPA kelas IV, V, dan VI Memuat soal IPA berbahasa Inggris (maksimal 20% dari banyaknya soal)
  3. Soal : a. Set IPA-1 : 40 soal pilihan ganda (PG) dan b. Set IPA-2 : 10 soal isian singkat (IS)
  4. Penilaian : Nilai total 100, yaitu; a. Jumlah 40 PG x 1,5 poin = 60 dan b. Jumlah 2 UR x 8 poin = 16

SKEMA SELEKSI OSN TK. NASIONAL

 Format PDF Lengkap dengan Contoh Soalnya berikut dengan kunci tanggapan sebagai salah satu  Juknis OSN SD Tahun 2018 dengan Contoh Soalnya

Keberhasilan penyelenggaraan Olimpiade Sains Nasional SD (OSN-SD) tingkat kabupaten/kota, provinsi dan nasional tahun 2018 ditentukan oleh para pemangku kepentingan dalam melaksanakan aktivitas OSN-SD secara tertib, teratur, disiplin, transparan dan penuh tanggungjawab. Oleh lantaran itu, semua pihak sanggup menjunjung tinggi nilai-nilai di atas dan terlibat aktif mendukung keberhasilan aktivitas OSN mulai dari persiapan, pelaksanaan, evaluasi, dan pelaporan dari tingkat sekolah sampai tingkat nasional.

Preview dan Download Juknis OSN SD Tahun 2018 dengan Contoh Soalnya



Download File :
Advertisement

Iklan Sidebar